Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Benarkah Makanan Pedas Bisa Picu Penyakit Liver?

Minggu, 14 Juli 2013

Share this history on :


Courtesy ShutterStock.com Penyakit liver menjadi salah satu penyakit yang sering mengganggu dewasa ini. Aktivitas dan perubahan gaya hidup memberikan banyak sumbangan yang menyebabkan orang jadi mudah terserang sakit liver. Salah satunya saja, makanan pedas dan berlemak, yang mendadak jadi sangat populer dengan aneka nama unik alat promosinya.
Pernah mendengar Mie Ayam Setan? Atau Ceker Setan? Atau aneka penganan ringan dengan level pedas yang bisa dipilih sesuai dengan selera? Hmmm... fenomena kuliner yang unik ini selain menyimpan keunikan juga membuat banyak orang merintih sakit akibat terserang liver.
Tetapi, tunggu dulu. Jangan asal menuduh, benarkah penyakit liver belakangan disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas?
Indiatimes mengatakan bahwa makanan pedas biasanya juga berlemak tinggi dan berminyak. Dan makanan kaya akan lemak inilah yang sebenarnya jauh lebih berbahaya untuk liver ketimbang makanan pedas. Well, kami tidak bilang kalau makanan pedas itu aman, karena tetap memiliki efek buruk sendiri. Namun, mereka yang rawan liver disarankan tidak makan makanan yang terlalu banyak kandungan lemaknya.
Dan tak semua bumbu yang memberikan rasa pedas itu berbahaya bagi liver kok. Contohnya saja ketumbar dan jahe, justru bumbu yang meninggalkan rasa pedas dan melindungi liver dari kerusakan. Dengan cara alaminya, kedua bumbu ini merawat liver dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.
Bagaimana dengan cabai?
Nah, yang satu ini memang paling sulit ditolak perut kosong sekalipun. Dengan menu sambal, semua makanan rasanya menjadi istimewa dan menggiurkan. Namun khusus untuk menu yang satu ini memang tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. Sekalipun tidak menjadi penyebab utama kerusakan liver seperti lemak, makanan pedas bisa mempengaruhi kondisi dan memperparah terjadinya infeksi. Mungkin hal ini disebabkan karena luka infeksi terkena rasa pedasnya, sehingga yang tadinya sudah kering menjadi kembali meradang.
Disarankan memang untuk para penderita liver agar mengurangi makanan pedas dan memilih bumbu-bumbu yang sifatnya netral saja. Kalaupun harus memakai cabai, lebih baik pakai cabai besar sebagai tambahan perasa agar lebih nikmat.
Akhir kata, untuk menjaga tubuh agar jauh dari penyakit liver, hindari makanan yang kaya akan lemak dan berminyak. Hidup sehat itu dimulai dari diri sendiri. 
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar